Latest News
Tuesday, June 28, 2022

Pupuk Mahal, Hasil Panen Padi Anjlok, Buruh Tani Merugi

 

Gabah : Seorang petani sedang menjemur gabah dipekarangan rumah, dengan hasil sedikit.


cianjurpost.com -
Akibat hama yang menyerang lahan pertanian padi milik warga, hasil panen padi musim kedua tahun ini, diwilayah Desa Sukamulya Kecamatan Warungkondang-Cianjur mengalami kerugian bahkan beberapa buruh tani mengeluhkan hasil panen tersebut. 


Ahmad Saeropi (51) salah seorang buruh tani diwilayah Desa Sukamulya tersebut mengaku bahwa hasil panen sekarang mengalami penurunan.


Walaupun harga gabah padi terhitung normal diangka 4.300 rupiah perkilogram atau 430 ribu rupiah perkwintalnya akan tetapi buruh tani tetap mengeluhkan kerugiannya akibat penurunan hasil panen dan biaya oprasional yang dikeluarkan ketika padi hendak dipanen.


"Musim sebelumnya kita bisa Penen padi sekitar 8,5 kwintal gabah, tapi musim sekarang hanya bisa panen 5 kwintal saja belum lagi dipotong untuk bayar yang kuli panen". ungkapnya, ketika diwawancarai cianjurpost.com, Selasa (28/6).


Bapak lima anak dan satu istri ini juga menambahkan keluhannya mengenai hasil panen musim ini sangat berdampak buruk dalam ketersediaan pangan bagi keberlangsungan hidupnya dan keluarga.


"Gimana enggak rugi, saya itu kan cuma buruh tani, ketika panen kan harus dibagi dua sama yang punya lahan. ketika hasil panen kita anjlok ya berarti hasil yang diterima juga pasti kecil". Keluhnya


Ia menjelaskan bahwa penurunan hasil panen ini diakibatkan hama yang menyerang lahan pertanian warga dan kondisi tanah yang sudah tinggi zat asamnya. Buruknya produktifitas tanah ini karena kurangnya ketersediaan pupuk yang akhirnya membuat padi yang ditanam menjadi merah (cacat). 


Untuk mengembalikan kesuburan tanah, ia juga menambahkan perlu adanya penyilangan dalam penanaman padi, seharusnya sebelum dilanjut lagi dengan menanam padi alangkah baiknya lahan tersebut disela dengan berkebun agar kondisi tanah kembali gembur.


"Sekarangkan ketersedian pupuk untuk petani itu dijatah, selain dijatah juga harga pupuk sangat mahal. Nah ini yang jadi masalah bagi kami. Kalo harga pupuk bisa dibeli tanpa batas dan harga masih terjaungkau seperti dulu pasti hasil panen pun tidak akan rugi". Jelasnya. (awo)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pupuk Mahal, Hasil Panen Padi Anjlok, Buruh Tani Merugi Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post