Latest News
Monday, June 27, 2022

Lulusan SMP, Susah Cari Kerja?

 

Hendriyanto (23), pemuda asal Warungkondang, Cianjur usai bekerja serabutan menjadi supir.  

cianjurpost.com – Sulitnya mencari lapangan pekerjaan di Kabupaten Cianjur, kerap kali dirasakan oleh para pencari kerja terutama bagi lulusan sekolah menengah pertama.  

Hal ini, dirasakan oleh salah satu pemuda asal Warungkondang, Cianjur, Hendriyanto (23) yang mengatakan, perusahaan atau pabrik seringkali mencantumkan persyaratan mengenai batas jenjang pendidikan. Seleksi administrasi ini yang kerap menyusahkan para pencari kerja terutama untuk lulusan menengah kebawah.

"Bagi saya yang hanya lulusan sekolah menengah pertama memang sulit untuk mendapatkan pekerjaan, karena tidak bisa dipungkiri bahwa jenjang pendidikan pun menjadi tolak ukur dalam menilai calon pekerja" ujarnya, Senin (27/6).

Hendri panggilan akrabnya, berpandangan untuk saat ini memang sudah banyak lulusan sarjana yang mungkin kedepannya akan semakin mempersempit lapangan pekerjaan bagi lulusan sekolah menengah pertama.

Masih kata hendri, banyknya lulusan sarjana seperti sekarang ini juga menjadi penyebab banyaknya jumlah pengangguran diperkampungan yang mayoritas hanya lulusan sekolah menengah.

"Mungkin bagi orang-orang yang hanya lulusan sekolah menengah dan tidak berduit akan sangat sulit sekali dalam mendapatkan kerja, bisa dilihat juga kan bahwa sekarang banyak yang nyari duit dengan duit (mencari kerja dengan menyuap)". Guraunya.

Bagi hendri, yang hanya lulusan sekolah menengah dan yang ekonomi rendah hanya bisa kerja serabutan atau kuli.

“Ya bagi saya sekarang hanya bisa kerja serabutan, yang tidak harus menyertakan ijazah atau bisa juga dengan membuka usaha kecil-kecilan dan itu juga harus pake modal dulu". Lanjutnya. (awo)

 

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Lulusan SMP, Susah Cari Kerja? Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post