Latest News
Monday, September 13, 2021

Negara Harus Punya Arah yang Jelas

 

Neng Eem gelar Dengar Pendapat Masyarakat di Kampung Cibogel, Panaragan, Bogor Tengah, Kota Bogor.

BOGOR-Anggota MPR RI Fraksi PKB, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz, gelar Dengar Pendapat Masyarakat di Kampung Cibogel, Panaragan, Bogor Tengah, Kota Bogor, Minggu,12 September 2021.

Kegiatan diikuti pemuda dan pemudi DPC PKB Kota Bogor, dengan tema Pancasila dan GBHN.

Kepada para peserta, wakil rakyat dari daerah pemilihan Jawa Barat III ini mengatakan, banyak pihak yang setuju dan mendukung dihidupkannya kembali GBHN. Kendati demikian, harus ada kajian mendalam agar sesuai dengan konteks sekarang.

"Tentu menghidupkan GBHN dengan versi sekarang, tidak bisa konteks lama, karena perlu beradaptasi dulu, konteks sekarang dengan konteks lama," jelas legislator dari Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor ini.

Menurutnya, meski sekarang pemerintah memiliki Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), tapi kadang-kadang tidak bisa memotret 20-30 tahun Indonesia ke depan. Sementara, Indonesia 50 tahun ke depan harus dijelaskan seperti apa.

"Apakah mau jadi negara impor, negara industri, apakah kita mau menjadi negara pariwisata terbaik di dunia. Nah itu, harus dipandu garis besar," ujarnya.

Dia melanjutkan, dengan adanya GBHN wajah Indonesia tidak berganti sesuka hati presiden terpilih. Maka itu, Indonesia tidak punya aturan main yang jelas.

"Jadi, biarpun presidennya berganti, rel pedoman kebangsaan kita tetap dikunci oleh GBHN," jelas politisi asal Kabupaten Cianjur ini.

Kendati demikian, Neng Eem menyebut, kalau GBHN jadi dihidupkan, tetap harus ada pembaharuan. Ini agar bisa sejalan dengan perkembangan zaman.

"Konteks sekarang, GBHN harus ada pembaharuan. Karena tidak relevan GBHN dulu dan sekarang, perubahan waktu, perubahan zaman ini harus penyesuaian dulu. Tapi prinsipnya kita harus punya panduan 50 tahun, mau apa bangsa ini ke depan," tandasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Neng Eem mengingatkan peserta agar tetap berpegang teguh pada Empat Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.(Jun)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Negara Harus Punya Arah yang Jelas Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post