Latest News
Friday, October 22, 2021

Ideologi Pancasila Simbol Kemajemukan

Neng Eem Dengar Pendapat Masyarakat di Kampung Cihieum, Desa Cibadak, Sukaresmi, Cianjur,  Selasa, 21/9/2021.






CIANJURPOST.COM-Pancasila sebagai ideologi negara jadi tanda bahwa bangsa Indonesia  merupakan bangsa yang majemuk dan hidup dengan kebhinekaan.

“Kebhinekaan itu harus dapat dirawat dan dikelola dengan cara berkeadaban, tidak egois, tanpa kekerasan dan penindasan pada kelompok yang lemah, terutama kelompok wanita,” ujar anggota MPR RI Fraksi PKB Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz, saat Dengar Pendapat Masyarakat, Selasa, 21 September 2021.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kampung Cihieum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, yang diikuti pengurus dan kader Ranting Perempuan Bangsa Kecamatan Sukaresmi.

"Selain mengatur hukum, Pancasila juga merupakan konsep etis yang mengatur segala perilaku dan moral etis  para penyelenggara Negara dan masyarakat yaitu dari lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif dan berbagai kelompok masyarakat yang ada," papar anggota Komisi V DPR RI ini.

Pada kesempatan tersebut, Neng Eem menyoroti, masih terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak, bahkan ada perempuan yang disiksa suaminya hingga meninggal.

Menurutnya, masih adanya kekerasan terhadap perempuan  dan anak di dalam rumah tangga maupun masyarakat mengindikasikan bahwa nilai-nilai Pancasila belum sepenuhnya dilaksanakan. Karena nilai-nilai sosial budaya yang ada masih kental dengan budaya patriarki. Dimana perempuan dan anak perempuan ditempatkan sebagai warga Negara kelas dua. 

"Perempuan dan anak masih dianggap makhluk yang lemah, kurang percaya diri dan tidak berdaya kurang bernilai dibandingkan dengan laki-laki dan anak laki-laki. Ini tugas kita untuk mengubah perilaku tersebut," ungkapnya.

“Nilai-nilai kemanusiaan yang tertuang dalam Pancasila, seperti butir-butir saling menghormati, mengasihi, toleransi, keadilan dan kesetaraan, harus kita wujudkan bersama," pungkasnya.(Jun)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ideologi Pancasila Simbol Kemajemukan Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post