Latest News
Tuesday, September 21, 2021

Faster Unsur : Magang untuk Dampingi Petani

Magang : Klompok magang Faster Unsur Desa Talaga foto bersama dengan dosen.


cianjurpost.com - Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana adakan program magang selama 3 bulan, dari awal September, guna melatih diri untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan masyarakat, sebagai salah satu implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi.


Koordinator kelompok magang di Desa Talaga Kecamatan Cugenang, M Abdul Rohim mengatakan, magang fakultas sain terapan Unsur dilaksanakan agar mahasiswa mampu mengaktualisasikan terori yang dipelajari di kampus, dan melatih diri untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar dengan masyarakat.


"Magang ini terlaksana dengan kerjasama antara pihak fakultas salah satunya dengan sub terminal agrobisnis, cigombong," ungkap Ohim sapaan akrabnya. Senin (20/9/21)


Dia menjelaskan magang tersebut disesuaikan dengan mata kuliah yang dikonfersi seperti budidaya tanaman utama dengan kearifan lokal.


"budidaya tanaman utama yang dimaksud adalah tanaman poko dan tanaman produksi yang dikembangkan melalui teknik tertentu, semacam jenis tanaman sayuran," jelasnya.


Adapun pengembangan kearifan lokal, kata Ohim, adalahtanaman sesuai dengan potensi lokal, atau kekhasan kemudian dikembangkan agar lebih produktif dan mengahsilkan.


"Ya kita pendampingan secara teoritis dalam menejemen pengelolaan, karena dilapangan petani kurang memahaminya, untuk itu kita dampingi," paparnya.


Sementara itu Fahla, yang juga peserta magang mahasiswa Faster Unsur, mengatakan, untuk mengawali maganya, pihaknya melakukan berbagai kegiatan dimulai dari pengamatan lahan, pengamatan organisme pengganggu tanaman, pengembangan lahan, dan penyuluhan pertanian.


"Harapan kami dari kedepan dengan adanya magang ini, petani bisa lebih meningkat produktifitasnya, sehingga pasar bisa menerima produk pertanian dengan kualitas yang baik dari petani, dan punya nilai jual yang tinggi," imbuhnya. (**)


Reporter : Usep Muhamad Pauzi

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Faster Unsur : Magang untuk Dampingi Petani Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post