Latest News
Sunday, August 22, 2021

Cegah Radikalisme dengan Pendidikan Pancasila

Neng Eem saat jadi narasumber seminar kebangsaan, di Kampung Babakan, Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Cianjur, Sabtu, 21 Agustus 2021.

CIANJURPOST.COM-Pimpinan Banggar MPR RI menyelenggarkan seminar kebangsaan, di Kampung Babakan, Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Sabtu, 21 Agustus 2021.

Kegiatan tersebut diikuti kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Desa Sukanagalih, dengan narasumber anggota MPR RI Fraksi PKB, daerah pemilihan Jawa Barat III, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz.

Seminar kebangsaan ini dilakukan sebagai upaya mempertahankan keutuhan bangsa. Pasalnya, saat ini banyak pelajar yang memiliki pemahaman menyimpang. Seperti halnya radikalisme. 

"Radikalisme itu tidak mengenal waktu dan tempat termasuk terhadap pelajar. Sebab itu, diperlukan pemahaman agama yang selaras dengan Empat Pilar kebangsaan,” ujar aktifis perempuan ini.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah radikalisme di kalangan pelajar yakni dengan penguatan pendidikan, terutama pendidikan di keluarga dengan berlandaskan Pancasila, yang merupakan fokus utama pendidikan. “

“Kita harus menjunjung tinggi kemanusiaan, walaupun berbeda-beda. Ini yang harus digencarkan agar bisa menghilangkan gerakan radikalisme, terutama di kalangan pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa ini,” imbuh anggota Komisi V DPR RI ini.

Masih kata Neng Eem, saat ini eksistensi Empat Pilar menghadapi tantangan berat. Isu politik tanah air yang selalu panas, serta perlambatan ekonomi sangat mepengaruhi generasi sekarang. "Efek Pandemi begitu terasa. Banyak generasi muda yang mengalami kemunduran dalam perilaku sosial, sehingga perlu kerja keras untuk kembali memperbaikinya," pungkas politisi asal Kabupaten Cianjur ini.(jun)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cegah Radikalisme dengan Pendidikan Pancasila Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post