Latest News
Wednesday, March 24, 2021

Pemuda Harus Waspada dari Faham Radikal

Sosialisasi empat pilar MPR RI di Desa Sindangasih, Karangtengah, Selasa, 23 Maret 2021


cianjurpost.com-Anggota MPR RI dari Fraksi PKB Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz, mengajak seluruh aparat desa, para pemuda dan masyarakat Desa Sindangasih, untuk menjaga Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Hal itu diungkapkan anggota Komisi V DPR RI ini saat sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kampung Pandanjaya, Desa Sindangasih, Kecamatan Karangtengah, Selasa, 23 Maret 2021. "Menjaga Pancasila dan NKRI itu jadi kewajiban," ujar legislator dari Daerah Pemilihan Jawa Barat III ini.

Masih kata Neng Eem, salah satu upaya menjaga keutuhan Pancasila dan NKRI yakni dengan mewaspadai penyebaran radikalisme melalui berbagai platform media sosial. 

"Dalam temuan riset, bahwa potensi faham radikalisme masuk ke generasi Z dan milenial itu sangat tinggi. Generasi Z dan milenial menjadi sasaran empuk lantaran mereka sangat aktif mengakses internet dan pengguna aktif berbagai platform media sosial. Sangat penting bagi para pemangku kepentingan untuk masuk dalam dunia digital. Agar media sosial tidak dibanjiri paham radikal," paparnya.

Masih kata Neng Eem, gerakan Radikalisme adalah gerakan dari kelompok yang tidak menerima bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila. Yang kemudian memunculkan gerakan intoleransi, dan bertidak keras terhadap kelompok lain dengan mengatasnamakan agama.

"Sebagai contoh kecil dari gerakan ini, tidak mau menyanyikan lagu Indonesia raya, tidak menerima bendera merah-putih, dan contoh lainnya," paparnya.

Menurutnya, kemunculan gerakan Radikalisme ini bukan hadir hari ini saja, bahkan sejak jaman dahulu, jaman para sahabat, dan pasca kemerdekaan di Indonesia.

"Pada jaman para sahabat, Syaid Ali pernah di tuduh kafir oleh kelompok khawarij dan kelompok yang bersebrangan dengan pemahaman Syaid Ali. Kemudian di Indonesia munculnya Gerakan DI/TII yang di pimpin Kartosoewirjo yang ingin mengadakan negara berpemahaman agama yang kurang menyeluruh," paparnya.(jun)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pemuda Harus Waspada dari Faham Radikal Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post