Latest News
Wednesday, February 10, 2021

Neng Eem Ajak Pemuda Jaga Kultur Bangsa Indonesia

Neng Eem saat jadi narasumber pada seminar kebangsaan di Kampung Pancagalih, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu, 10 Februari 2021. 

BOGOR-Pimpinan Banggar MPR RI gelar seminar kebangsaan, di Kampung Pancagalih, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu, 10 Februari 2021.

Kegiatan ini diikuti Ketua Karang Taruna Kecamatan Bogor Barat, beserta para pengurus Karang Taruna Kecamatan Bogor Barat. Selain itu, hadir pula sebagai narasumber anggota MPR RI dari Fraksi PKB, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz.  

Dalam pemaparannya, Neng Eem menjelaskan, Indonesia saat ini mengalami kerusakan kultural akibat arus globalisasi. Artinya arus globalisasi merusak norma, sistem, nilai dan perilaku bangsa Indonesia. 

"Jika ini terus dibiarkan, maka kerusakan integritas, identitas, nasionalisme akan makin merajalela di Indonesia. Saat ini saja perubahan sosial sudah mulai terjadi. Seperti gotong royong yang sudah berkurang, dan musyawarah mufakat sudah kita tinggalkan," papar wakil rakyat dari daerah pemilihan Jawa Barat III ini.

Lanjut Neng Eem, perubahan sosial itu paling jelas terjadi pada generasi muda, yang cenderung lebih asik menjalani kehidupan secara masing-masing, tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Untuk itu, anggota Komisi V DPR RI ini berpesan kepada para peserta agar menjadi agen perubahan dalam mempertahankan kultur bangsa Indonesia. 

"Karang Taruna itu sebagai organisasi sosial kepemudaan, harus tetap konsisten mewarisi nilai-nilai tradisi leluhur dan tetap menjaga nilai kearifan lokal," ujarnya.

"Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna harus bisa berperan penting dalam menjaga dan melestarikan nilai kearifan lokal ini dalam lingkungan sosial sehingga generasi muda dapat memahami secara utuh adat dan budaya bangsa Indonesia," pungkasnya.(jun)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Neng Eem Ajak Pemuda Jaga Kultur Bangsa Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post