Latest News
Monday, February 22, 2021

Empat Pilar Warisan Para Pahlawan

Neng Eem jadi narasumber pada seminar kebangsaan di Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur, Minggu, 21 Februari 2021.


BOGOR-Anggota MPR RI dari Fraksi PKB, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz, kembali hadir di tengah masyarakat. Kalini hadir dalam kegiatan seminar kebangsaan, yang dilaksanakan di Kampung Selakawang, Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Minggu, 21 Februari 2021.

Menurut Neng Eem, wawasan kebangsaan dapat dilihat melalui Empat Pilar kebangsaan yaitu, Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika. 

"Pancasila merupakan pilar pertama untuk kokohnya negara dan bangsa Indonesia. Sedangkan UUD 1945 merupakan pilar kedua dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia," ujar anggota MPR RI dari daerah pemilihan Jawa Barat III ini.

Lanjut Neng Eem, para pendiri bangsa Indonesia memilih bentuk Negara Kesatuan, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika, itu tidak lain karena Indonesia merupakan negara yang heterogen. 

"Wawasan kebangsaan melalui Empat Pilar ini harus tetap kita jaga sebagai bentuk terimakasih kepada para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan tanah air Indonesia," imbuhnya.

Masih kata Neng Eem, banyak cara yang dapat dilakukan untuk memberikan pemahaman tentang Empat Pilar. Antara lain melalui pendekatan kultural, yakni dengan memperkenalkan budaya dan kearifan lokal lebih mendalam kepada generasi muda. Selain itu juga bisa melalui pendekatan edukatif, yakni memberikan pendidikan baik sekolah maupun keluarga yang layak kepada generasi penerus bangsa.

"Kalau tidak dimulai dari sekarang, dikhawatirkan generasi yang akan datang makin jauh dari Empat Pilar. Untuk itu mulai sekarang harus terus digencarkan wawasan kebangsaan ini," pungkasnya.

Kegiatan seminar kebangsaan ini dihadiri ketua dan kader PKK serta pengurus Karang Taruna Kecamatan Bogor Timur, dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.(jun)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Empat Pilar Warisan Para Pahlawan Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post