Latest News
Monday, December 7, 2020

Neng Eem: UUD 1945 Hukum Tertinggi Negara

Neng Eem saat Dengar Pendapat Masyarakat Cikalongkulon, Minggu, 06 Desember 2020


cianjurpost.com-
Anggota MPR RI Fraksi PKB, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz, gelar Dengar Pendapat Masyarakat, di Kampung Cipinang, Desa Mekarsari, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Minggu, 06 Desember 2020.

Neng Eem yang juga anggota Komisi V DPR RI tersebut mengatakan, bahwa dalam sistem ketatanegaraan di Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945 menjadi sumber hukum formal tertinggi sekaligus sebagai salah satu bentuk hukum tata negara.

“Dalam ketatanegaraan di negara kita, adalah merupakan sumber hukum formal tertinggi. Undang-Undang Dasar 1945 menjadi sumber hukum bagi ketatanegaraan kita sekaligus sebagai salah satu bentuk hukum tata negara,” jelasnya.

Lebih lanjut, perempuan asal Kabupaten Cianjur ini menjelaskan, posisi Undang-Undang Dasar 1945  menempati posisi tertinggi diatas peraturan lainnya dalam hierarki tata negara Indonesia.

“Secara konstitusional dan hierarkis, Undang-Undang menempati posisi tertinggi diatas Tap MPR, Undang-Undang ataupun Perpu, Peraturan Pemerintah (PP), Keputusan Presiden dan peraturan lainnya. Peraturan yang berada dibawahnya tidak boleh bertentangan dengan peraturan diatasnya," papar wakil rakyat dari daerah pemilihan Jawa Barat III ini.

Dengar Pendapat Masyarakat (DPM) ini hadiri Ketua Karang Taruna Kecamatan Cikalongkulon Yana, dan warga serta pemuda Kecamatan Cikalongkulon.

Kegiatan juga dilaksanakan dengan menarik, sehingga para peserta sangat antusias. Hal itu terlihat saat sesi tanya jawab. Banyak para peserta yang menyampaikan berbagai macam pertanyaan baik terkait dengan tema acara maupun keluh kesah mereka.

Pada kesempatan itu tak lupa Neng Eem pun mengajak para peserta untuk senantiasa menjaga Empat Pilar Kebangsaan. Yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.(jun)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Neng Eem: UUD 1945 Hukum Tertinggi Negara Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post