Latest News
Tuesday, November 3, 2020

Surat Bawaslu Dicuekin, Masih Banyak Instansi yang Ngeyel

 

APK : Iklan yang bergambar Calon Bupati, terpangpang di Puskesmas.

cianjurpost.com-Sudah sebulan lebih Herman Suherman cuti dari jabatannya sebagai Plt Bupati Cianjur. Sekarang posisinya digantikan Asisten Administrasi Setda Provinsi Jawa Barat, Dudi Sudrajat.


Namun, hingga saat ini masih banyak ditemukan baligho-baligho di jalan-jalan atau di intansi pemerintahan sebagai Plt. Padahal, padahal Bawaslu telah mengeluarkan surat himbauan dan permohonan penertiban baliho atau iklan layanan yang terpangpang atas nama Plt bupati, dibebebrapa intansi pemerintahan.


"Kepada pihak Satuan Polisi Pamong Praja (SatpolPP), kita sudah layangkan surat penertiban. Tapi masih ada saja dinas atau intansi yang ngeyel tetap memasang baliho," ucap Komisioner Bawaslu Kabupaten cianjur, Asep Tandang, Selasa (03/11/20).


Pihaknya menyesalkan, berdasarkan hasil pengawasan yang dihimpun oleh Bawaslu Kabupaten Cianjur, terdapat iklan layanan masyarakat, yang mencakup baliho atas nama Plt Bupati Cianjur. 


"Surat yang kami layangkan kepada SatpolPP Kabupaten Cianjur, dengan nomor surat 129.Bawaslu.JB06/PM.00.02/X/2020 tertanggal 24 Oktober 2020 lalu, untuk menertibkan iklan layanan tersebut,” imbuhnya.


Pihaknya pun menegaskan agar pada tahap kampanye yang saat ini berlangsung, Panwas Kecamatan, bisa segera berkoordinasi, dengan pemerintah kecamatan, untuk menertibkan apk, yang tidak sesuai dengan aturan.


“Yang sekarang masih terpangpang, kita telah memerintahkan Panwaslu Kecamatan agar segera berkoordinasi kepada pihak pemerintah kecamatan setempat, untuk menertibkan iklan layanan, yang masih terpangpang di intansi-intansi pemerintahan,” ucapnya.


Sementara itu, Direktur Dupa Institute, Ismat Nasrulloh mengatakan, dari hasil investigasi di lapangan, pihaknya, masih banyak menemukan, iklan layanan masyarakat, yang terpangpang atas nama salah satu calon.


“Hasil investigasi yang kami lakukan sejak tiga hari yang lalu sampai hari ini, kami masih banyak menemukan intansi yang memangpang baliho atas nama Plt Bupati Cianjur, terutama intansi kesehatan, atau Puskesmas, diantaranya, Puskesmas Cibaregbeg, Puskesmas Sukanagara, Puskesmas Sindangkerta, Puskesmas Cibinong, Puskesmas Cijagang dan yang lainnya,” ujarnya.


Ismat mengungkapkan, pihaknya akan segera melayangkan surat audiensi ke dinas kesehatan, untuk menanyakan netralitas, intansi kesehatan.


“Besok kami akan melayangkan surat audiensi, jika tidak ditanggapi, kami pun akan melaporkan hal tersebut ke pihak Bawaslu,” tandasnya.(dodi)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Surat Bawaslu Dicuekin, Masih Banyak Instansi yang Ngeyel Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post