Latest News
Thursday, November 26, 2020

Pancasila Sangat Menghargai Perempuan

Neng Eem saat sosialisasi Empat Pilar di Naringgul, Rabu, 25 November 2020


cianjurpost.com-
Sebagai dasar negara, Pancasila sudah final dan tidak bisa diganggu gugat lagi. Hal itu dikatakan dengan tegas anggota MPR RI Fraksi PKB, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz, saat sosialisasi Empat Pilar, Rabu, 25 November 2020.

Sosialisasi Empat Pilar dilaksanakan di Desa Wangunjaya, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur dengan dihadiri Ketua PAC Perempuan Bangsa Kecamatan Naringgul dan kader Perempuan Bangsa Kecamatan Naringgul.

Dalam pemaparannya, Neng Eem menjelaskan, dalam catatan sejarah perjuangan bangsa, perempuan pernah ikut berkontribusi melahirkan Pancasila. Yaitu, adanya tokoh perempuan yang terlibat dalam Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). 

"Perempuan juga dipandang ikut berpartisipasi mewujudkan kemerdekaan yang dilandasi cita-cita dan semangat persatuan dan kesatuan," ujar anggota Komisi V DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Barat III ini.

"Di pemerintahan saat ini, banyak perempuan yang masuk pada jajaran kabinet. Ini menunjukkan perempuan makin dihargai dan memiliki kualifikasi kualitas yang tidak kalah dengan kaum pria," imbuhnya.

Lanjut Neng Eem, jika ditelusuri, dalam lima sila Pancasila beserta butir-butirnya secara nyata menghargai keberadaan perempuan. Setiap sila tidak lepas membicarakan perempuan. 

"Bunyi sila pertama itu Ketuhanan Yang Maha Esa. Nah butir-butirnya memuat tentang membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama, mengembangkan sikap hormat-menghormati, dan seterusnya. Nilai kerukunan dan saling menghormati tidak akan tercapai jika fungsi domestic dan eksternal perempuan tidak jalan," papar politisi asal Kabupaten Cianjur ini.

Kemudian pada sila kedua, Kata Neng Eem, itu berbunyi kemanusiaan yang adil dan beradab. Butirnya mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia tanpa membedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit, dan sebagainya. 

"Melihat butir-butir pada Pancasila sangat jelas dan tegas, bahwa bangsa ini sangat menghargai perempuan, sehingga perempuan tidak perlu berkecil hati, karena memiliki hak yang sama," pungkasnya.(jun)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Pancasila Sangat Menghargai Perempuan Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post