Latest News
Sunday, November 15, 2020

Pancasila Perlu Adanya GBHN

Neng Eem saat Dengar Pendapat Masyarakat di Kecamatan, Cibinong, Sabtu, 14 November 2020.


cianjurpost.com-
Anggota MPR RI Fraksi PKB, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz, tampung aspirasi masyarakat melalui kegiatan Dengar Pendapat Masyarakat (DPM) di Kampung Nyalindung, Desa Panyindangan, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur, Sabtu, 14 November 2020.

Dihadapan Wakil Ketua Perempuan Bangsa Kabupaten Cianjur, Ketua PAC Perempuan Bangsa Kecamatan Cibinong dan peserta Perempuan Bangsa Kecamatan Cibinong, wakil rakyat dari daerah pemilihan Jawa Barat III menjelaskan tentang Pancasila dan GBHN.

"Negara saat ini butuh kembali Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) yang dihapus semenjak bergulirnya reformasi," ujar anggota Komisi V DPR RI ini.

GBHN dibutuhkan, karena saat ini tidak ada arah yang jelas dalam membangun negara. Selain dianggap telah menyimpang dari nilai falsafah Pancasila, tidak adanya GBHN sebagai panduan pembangunan, membuat kebijakan-kebijakan yang diambil pemerintah saling tumpang tindih.

"Meski merupakan produk Orde Baru, GBHN menjadi panduan yang dapat digunakan untuk membangun Indonesia dan kembali pada jalur cita-cita bangsa sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 dan Pancasila," jelasnya.

Masih kata Neng Eem, banyaknya penyimpangan terhadap Pancasila itu salah satunya karena tidak adanya GBHN. Belum lagi dalam hal kebijakan pangan. Tidak adanya kedaulatan pangan yang memihak pada petani, membuat Indonesia mengalami krisis pangan, dan harus impor.

"Pemerintah harus konsisten untuk kembali pada jatidiri bangsa, yaitu Pancasila," tegas politisi yang aktif memperjuangkan kesetaraan gender ini.

Lanjut Neng Eem, selain GBHN, yang diperlukan dalam membangun Indonesia yakni pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari perilaku pemimpin.

"Jadi jangan sampai rakyat diminta harus mengamalkan Pancasila, tetapi perilaku pemimpin justru melanggar Pancasila," pungkasnya.(jun)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Pancasila Perlu Adanya GBHN Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post