Latest News
Sunday, November 15, 2020

GBHN Landasan Pembangunan Nasional

Neng Eem Dengar Pendapat Masyarakat Kecamatan Naringgul, Sabtu, 14 November 2020.


cianjurpost.com-
Wacana kembali dihidupkannya Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN), jadi perhatian MPR RI untuk terus menyerap aspirasi masyarakat, dengan kegiatan Dengar Pendapat Masyarakat (DPM).

Seperti yang dilakukan anggota MPR RI Fraksi PKB, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz, melalui kegiatan DPM di Desa Wanasari, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Sabtu, 14 November 2020.

Politisi dari Dapil Jawa Barat III ini mengatakan, wacana amandemen UUD 1945 yang terbatas pada pembahasan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN), merupakan upaya agar pembangunan nasional lebih terarah. 

"Sejak GBHN dibekukan sampai saat ini, ada sedikit pergeseran moral di bangsa ini," ujar alumni PMII yang juga anggota Komisi V DPR RI.

Lanjut Neng Eem, GBHN penting untuk menentukan arah bangsa Indonesia. GBHN juga penting sebagai standar sebuah bangsa. 

"Sikap nasionalis sekarang mulai terkikis dengan budaya intoleransi dan radikalisme. Dengan masuknya budaya asing, maka budaya kita sepertinya mulai tenggelam, maka negara perlu GBHN," imbuhnya kepada para peserta.

Masih kata Neng Eem, hilangnya GBHN ini membuat kekuatan berpijak masyarakat Indonesia mulai lemah lantaran GBHN berfungsi sebagai tata cara, perilaku, cara bertindak dan cara pemersatu di dalam pembangunan nasional tanpa lagi melihat perbedaan suku, agama dan ras.

"GBHN jadi landasan penting untuk menentukan arah dan tujuan yang tepat sasaran yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih demokratif, saling melindungi dan membela hak asasi manusia," tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Wakil Ketua Perempuan Bangsa Kabupaten Cianjur, Ketua PAC Perempuan Bangsa Kecamatan Naringgul dan para kader Perempuan Bangsa Kecamatan Naringgul.(jun)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: GBHN Landasan Pembangunan Nasional Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post