Latest News
Sunday, October 25, 2020

Siap Kawal Pemilukada Cianjur 2020, JPPR dan Dupa Institute Membuat Fakta Integritas

Simbolik : penyerahan fakta integritas, disaksikan perwakilan Polres Cianjur, minggu (25/10)

cianjurpost.com - Untuk mewujudkan Pilkada yang kondusif, Dupa Institut dan Korda JPPR Kabupaten Cianjur, gelar kerjasama dengan melakukan gerakan fakta integritas. 


"Ini sebagai komitmen dalam mengawal demokrasi pada Pilkada serentak 2020 di Indonesia terkhusus di Kabupaten Cianjur," ujar Wakil Ketua Korda JPPR Kabupaten Cianjur, Fahmi Mufti, Minggu, 25/10/2020, di taman kreatif Joglo.


Setelah membuat fakta integritas, Dupa Institut dan JPPR berdiskusi membahas seputar regulasi Pilkada. "Gerakan ini bersifat kerakyatan agar Pilkada bisa berjalan kondusif meski dalam suasana politik yang dinamis," imbuhnya.


Masih kata Fahmi, dalam Pilkada kali ini ada banyak sekali daerah yang rentan terhadap pelanggaran-pelanggaran. Baik dari segi Pelanggaran administrasi, pelanggaran tindak pidana pemilihan, pelanggaran undang-undang lainnya, dan pelanggaran adminsitratif.


"Sudah ada 40 daerah yang disinyalir sudah melakukan pelanggaran Pilkada. Tidak menutup kemungkinan di Cianjur juga terdapat beberapa pelanggaran yang mesti kita lakukan analisa dan kajian bersama agar pada Pilkada kali ini bisa berjalan dengan baik," tuturnya.


Untuk itu, pihaknya bekerjasama denga Dupa Institute yang merupakan salah satu lembaga kajian dan berbasis kemasyarakatan, mengajak masyarakat agar sama-sama terlibat dalam pemantauan Pemilukada 2020 di Kabupaten Cianjur. 


"Kondisi hari ini kita masih menutup mata dan masyarakat kurang antusias dalam menyabut Pemilukada, untuk itu mari kita sama-sama kawal Pilkada kali ini agar berjalan dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku," pungkasnya.


Sementara itu, Founder Dupa Institute, Ismat Nasrulloh mengatakan, Dupa Institute dan JPPR akan terus mengawal dan memantau pilkada 2020 di Kabupaten Cianjur, dari beberapa tahapan dan waktu yang tersisa.


"Tema kali ini, kita mengangkat "mengawal demokrasi yang bersih dan sehat pada Pilkada 2020" dimaksudkan mengajak masyarakat agar sama-sama memantau dan terlibat pemilu yang sehat dalam artian sehat moral dan sehat jiwa dan sehat dalam penyelenggaraan politiknya, terbebas dari politik sara, politik hoak, dan politik uang, sesuai dengan fakta integritas yang kita bubuhkan bersama dengan Korda JPPR," tandasnya.(Djun)


Diskusi : membangun kesepemahaman dan kesepakatan, antara Korda JPPR Cianjur dan Dupa Institute 


Isi Fakta Integritas Dupa Institut dan JPPR Kabupaten Cianjur.


1. Siap menjaga keutuhan NKRI, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

2. Siap menegakan, memperhatikan dan mentaati segala peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, terkait penyelenggaraan pilkada 2020.

3. Siap menjaga keutuhan bangsa dalam situasi dan dinamika politik yang kondusif selama penyelenggaraan pilkada 2020, agar terciptanya stabilitas politik yang aman dan tertib di Cianjur.

4. Bertekad menanamkan dan memelihara disiplin, idealisme,serta jiwa demokratis bagi semua elemen terkait selama pilkada tahun 2020.

5. Siap menjaga pilkada serentak 2020 tanpa hoak, politik sara, dan politik uang.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Siap Kawal Pemilukada Cianjur 2020, JPPR dan Dupa Institute Membuat Fakta Integritas Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post