Latest News
Wednesday, October 7, 2020

Pancasila Bentuk Karakter Berbangsa dan Bernegara

Neng Eem sosialisasi empat pilar di Desa Mekarwangi, Kecamatan Haurwangi, Rabu, 07 Oktober 2020.

cianjurpost.com-Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia merupakan pedoman untuk warganegaranya, terutama kaum perempuan. Dalam menginternalisasikan Pancasila, kaum perempuan memiliki peran yang sangat penting, karena dari tangan perempuanlah kelak akan muncul para pejuang Pancasila. 

"Untuk itu perlu upaya-upaya kaum perempuan dengan menjadikan Pancasila sebagai dasar pendidikan," ujar Anggota MPR RI Fraksi PKB, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz, saat Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, di Desa Mekarwangi, Kecamatan Haurwangi, Rabu, 07 Oktober 2020.

Legislator dari Dapil Jawa Barat III yakni Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor ini menjelaskan, pada ruang lingkup keluarga, perempuan mempunyai pengaruh yang besar dalam mendidik anggota keluarganya mengenai nilai-nilai Pancasila. 

"Diharapkan dengan adanya pendidikan dasar tersebut dapat membentuk generasi yang memiliki akhlakul karimah. Itu bisa dilihat dari sejauh mana peran perempuan menjadi penjaga dalam mengawasi sikap dan pola pikir yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila," paparnya.

Ditambahkannya, selain menjadi seorang Ibu nantinya, perempuan juga bebas untuk memilih pekerjaan. Untuk itu, perempuan dituntut untuk cerdas dan kreatif dalam mengajarkan dan memberi pemahaman nilai-nilai kebangsaan di lingkungan keluarga.

"Kita mulai dari rumah, maka akan dihasilkan generasi yang memiliki karakter tangguh dalam berbangsa dan bernegara," pungkasnya dihadapan para peserta yang terdiri dari Ketua Perempuan Bangsa Kabupaten Cianjur, PAC PB Kecamatan Haurwangi dan Ibu Perempuan Bangsa Kecamatan Haurwangi.(jun)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pancasila Bentuk Karakter Berbangsa dan Bernegara Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post