Latest News
Saturday, July 18, 2020

Pancasila Landasan Hidup Beragama

Neng Eem saat sosialisasi empat pilar di Naringgul-Cianjur, Jumat, 17 Juli 2020.


cianjurpost.com-
Keberagaman agama di Indonesia jadi salah satu tantangan dalam menjalankan sistem demokrasi. Bahkan juga jadi tantangan tetap terjaganya keutuhan NKRI. Pasalnya, sikap intoleransi dan primordialisme tetap ada dan memboncengi isu agama. 

Supaya hal itu terjadi, Indonesia mempunyai Pancasila sebagai landasan kerukunan beragama. Untuk mewujudkan kerukunan itu, orang Indonesia harus benar-benar menghidupi nilai-nilai Pancasila.

"Yang menjaga harmoni di Indonesia adalah Pancasila. Makanya Pancasila itu harus dijadikan sebagai landasan hidup beragama," ujar Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz, saat gelar seminar kebangsaan di Desa Kertajaya, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Jumat, 17 Juli 2020.

Kepada para peserta yang terdiri dari tokoh agama Desa Kertajaya, Ketua Perempuan Bangsa dan PAC Perempuan Bangsa Kecamatan Naringgul serta warga Citambur 2, anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PKB ini menegaskan, nilai-nilai Pancasila harus diwujudkan karena itu landasan seluruh masyarakat dalam hidup beragama.

Lanjut Neng Eem, kerukunan agama di Indonesia saat ini sudah kehilangan jati dirinya. Seringkali pemeluk agama, terjebak dalam simbolisasi agama yang menyeret pemeluknya bersikap intoleran.

"Yang perlu sekarang adalah beragama secara cerdas. Jangan terjebak dalam simbol agama," kata legislator dari daerah pemilihan Jawa Barat 3 ini.(jun)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Pancasila Landasan Hidup Beragama Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post