Latest News
Saturday, December 28, 2019

Desa Lama Menjadi Desa Baru

Oleh : Dede Abdullatif (Pemuda Desa Padamaju)


cianjurpost.com- Paradigma baru mengenai desa dengan peran kepemimpinan desa di era pembaharuan seperti sekarang ini, Secara garis besar perubahan ditunjukan dengan pembalikan paradigma memandang desa. Sehingga melahirkan teori, desa lama yang berubah menjadi desa baru.

Perbedaan desa lama dengan desa baru seperti kita lihat dari segi kedudukannya. Pertama desa lama dengan berkedudukan sebagai Organisasi pemerintahan yang berada dalam sistem pemerintahan kabupaten/kota.

Sedangkan desa baru berkedudukan sebagai pemerintahan masyarakat, Selama ini ada sejumlah perspektif desa yang cenderung bias, yang meminggirkan desa, meremehkan dan atau melemahkan Desa 

Perspektif yang melihat desa sebagai kampung halaman, ini muncul dari banyak orang yang telah merantau dari desa kampung halamannya. Desa tak lebih hanya tempat romantisme mengenang masa kecil, yang biasa dikunjungi setahun sekali pada saat mudik lebaran.

Dari buku "Kepemimpinan Desa" yang di terbitkan oleh kementerian Desa bahwasanya urbanisasi yang terus meningkat, saat ini jumlah penduduk kota dan desa nyaris berimbang, 50,2% penduduk Indonesia ada di Desa dan 49,8% penduduk ada di Kota.

Tingginya tingkat urbanisasi dikarenakan desa tidak lagi menjanjikan pekerjaan atau kesejahteraan. Padahal desa mempunyai kewenangan sebagaimana yg di atur oleh UU Desa yang merujuk pada pasal 19 huruf a dan b UU No. 6 Tahun 2014  Tentang Desa tersebut yang dimaksud dengan menyebutkan kewenangan Desa, kewenangan tersebut adalah kewenangan berdasarkan hak asal usul, kewenangan lokal berskala Desa.

Kewenangan lokal berskala Desa merupakan kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat Desa yang telah dijalankan oleh Desa yang muncul karena perkembangan Desa dan Prakarsa masyarakat Desa. Diantaranya nya yaitu pasar Desa, saluran irigasi, sanitasi lingkungan, posyandu, sanggar seni, perpustakaan Desa dan lainnya.

Maka dari itu saya selaku pemuda yang berada di lingkungan masyarakat, begitu sangat mendorong atas pembaharuan dan perubahan Desa lama menjadi Desa baru. 

Harapan saya selaku pemuda Desa, apapun itu yang berbentuk kemasyarakatan, disana harus ada pemuda yang berperan aktif dalam setiap perjalanan kehidupan berdesa. (")
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Desa Lama Menjadi Desa Baru Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post