Latest News
Thursday, November 7, 2019

Pemuda Kedunghilir: Sulap Sampah Bernilai Rupiah



Pemuda: melakukan pemilahan sampah, di kampung Kedunghilir

cianjurpost.com – Dengan tangan trampil dan kemauan dari para pemuda Karang Taruna Rt 01/03 Kampung Kedung Hilir. Desa Sukamanah Kecamatan Cugenang Kabupaten, sampah plastik dijadikan barang berharga yang bernilai rupia.
Ketua Karang Taruna Kampung Kedung Hilir. Faried mengatakan, awal pekerjaan mendaur ulang sampah tersebut, tergerak dengan banyaknya sampah plastik yang berserakan di mana-mana, baik di sepanjang sungai, maupun sampah keluarga yang berserakan di pinggirjalan.
"kami merasa tergerak dengan volume sampah plastik yang kian hari kian banyak, setidaknya dengan kegiatan yang kami lakukan ini, bisa mengurangi sampah, yang awalnya dianggap tak bernilai, menjadi punya nilai jual," ungkapnya.
lebih lanjut, pihaknya, memberikan pemahaman kepada para pemuda, terkhusus anggota karang taruna, agar bisa mendaur ulang sampah tersebut, menjadi paving blok, yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi, dan sangat dibutuhkan.
"kegiatan tersebut kami lakukan mulanya, dilakukan melalui pemberdayaan anggota karangtaruna, namun warga kampung pun merespon dengan baik, ramai-ramai memungut sampah dari rumah warga yang jumlahnya ada 95 KK, agar bisa dimanfaatkan," tuturnya.
menurutnya, dari jumlah anggota sebanyak dua puluh orang anggota, mempunyai pekerjaan masing-masing dari mulai pengambilan sampah, sampai memproduksinya. menjadi paving blok.
Hasil Produksi yang sudah jadi

“proses pembuatannya sendiri, dilakukan dengan mengumpulkan sampah. setiap satu kilogram plastik di godok hingga larut, ancur, dan lebur lalu di masukan dalam cetakan terus di press, terakhir di dinginkan maka jadilah paving blok,” ujarnya.
proses produksi, paving blok dari sampah tersebut, menurutnya, dilakukan dengan manual menggunakan alat seadanya. sehingga, merekapun sangat berharap sekali, bantuan dan perhatian dari pemerintah, agar bisa menambah produktifitas pengelolaan sampah tersebut.
"selama ini, alhamdulilah, kita dapat berjalan, namun kamipun, tidak memungkiri, butuh perhatian dari pemerintah, supaya dapat memotifasi dan mendorong pemuda agar menikat produksinya," pungkasnya. (in)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Pemuda Kedunghilir: Sulap Sampah Bernilai Rupiah Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post