Latest News
Thursday, October 24, 2019

Pidato Jokowi, Harapan Baru Bagi Rakyat

Oleh : Ismat Nasrulloh


cianjurpost.com - Pidato yang mencengangkan dari sang presiden dan cukup menyita perhatian saya, pasalnya ada beberapa poin yang memang sangat visioner dan memberi harapan baru bagi rakyat Indonesia.

Betapa tidak heran kebijakan yang selama ini masyrakat tunggu adalah kebijakan yang pro rakyat, bukan mengutamakan kepentingan koloni atau kepentingan elit saja, tetapi kebijakan yang bermuara terhadap hasil yang dapat dirasakan oleh rakyat.

Ada beberapa poin yang menjadi harapan rakyat dalam pemerintahan Jokowi yang kedua ini jika itu benar-benar dapat di realisasikan.

Diantaranya Jokowi menginginkan tarap hidup rakyat Indonesia bisa sejajar dengan penghasilan besar, seperti pada rakyat di negara maju yang berpenghasilan besar, tak tanggung-tanggung Jokowi harapkan rakyat bisa berpenghasilan sampai 27 juta perbulan perkapita.

Mungkin mayrakat awam berfikir itu konyol, pasalnya target Jokowi pun terlampau jauh yaitu pada tahun 2045. Sementara masyarakat menginginkan kebijakan yang betul-betul bisa dirasakan hari ini, disisi lain memang Jokowi menargetkan itu hasil daripada analisanya.

Selaras dengan keinginan rakyat, dalam pidato berikutnya, bahwa pemerintah harusnya bisa memberikan kebijakan yang bisa dirasakan rakyatnya, atau Jokowi bilang pemerintah harus menjamin pesan dapat terjaga hasilnya dan dapat tepat guna "Tugas kita itu menjamin delivered, bukan hanya menjamin sent," betulkah demikian.

Sebab ini bukan tugas mudah ditengah mental pejabat yang sampai saat ini belum berani keluar dari zona nyaman sebagai elit, bahkan cenderung elitis.

Mungkin, rumusan tersebut yang menjadi visi pemerintah Jokowi kedepan dengan meluncurkan Lima misi dalam pidato tersebut, yaitu pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan aturan, pemangkasan birokrasi, dan tranformasi ekonomi.

Namun, Hal itu bukan hal yang mudah. Jokowi sudah mengumumkan menteri-menterinya, akan kah mau para menteri yang kini sudah di Lantik bekerja keras, sesuai dengan apa yang di inginkan sang presiden. Kita tunggu saja kebijakan apa yang akan dikeluarkan paska pelantikan dan pembentukan kabinet, yang baru saja di selesaikan.

Sejatinya rakyat sudah merasa jenuh dengan sandiwara politik yang cukup lama tersaji selama beberapa waktu kebelakang ini, bahkan mebekas sampai saat ini, tentu arus balik serangan dari para oposisi pun akan terus menerus mengecam kebijakan pemerintahan yang dipimpinnya. Semoga kritikkan yang disampaikan oleh oposisi pun adalah keritikna yang konstruktif, bukan memecah belah bangsa. Dan itu menjadi kehawatiran bagi bangsa.

Semoga sang presiden dan menteri-menterinya tida terlena dengan kemewahan, melainkan harus bersemangat melayani rakyat menjamin kebijakan yang dapat dirasakan rakyat, seperti tertera dalam pidato sang presiden. (In)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Pidato Jokowi, Harapan Baru Bagi Rakyat Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post