Latest News
Tuesday, September 17, 2019

Tolak RUU Pertanahan. Belum Dapat Menjawab Keinginan Rakyat

Asep Suherman Pengurus DPN Gerbang Tani, sedang memaparkan RUU pertanahan dihadapan petani.


cianjurpost.com - Pembahasan dan Pengesahan Rancangan Undang-undang (RUU) Pertanahan menuai banyak penolakan dari berbagai pihak, diantaranya Dewan Pengurus Nasional (DPN) Gerbang Tani.

Menurut salah seorang Dewan Pengurus Nasional Gerbang tani, yang juga Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Asep Suherman, mengungkapkan, adanya RUU Pertanahan awalnya diharapkan dapat menjawab berbagai persoalan dan konflik agraria yang terjadi di Indonesia.

Namun sayangnya, dari draft RUU Pertanahan belum dapat menjawab ekspektasi masyarakat dan tujuan Undang-Undang Pokok Agraria.

"Alih-alih menyelesaikan konflik agraria, masih terdapat banyak permasalahan substansi dalam RUU Pertanahan ini yang kontra-produktif dengan semangat reforma agraria dan pengelolaan lingkungan hidup serta sumber daya alam yang baik," ungkapnya, kepada cianjurpost.com, Selasa (17/9/19).

Oleh karenanya, pihaknya menolak pembahasan dan pengesahan RUU Petanahan, yang tidak sesuai dengan keinginan dan kehendak rakyat.

"Jika dikaji isi RUU Pertanahan ada beberapa hal yg sangat merugikan bagi masyarakat dan petani, diantaranya Secara tidak langsung melegalkan tanah yang sudah dikelola oleh petani secara turun-temurun, diambil kembali oleh negara," paparnya.

Hal tersebut menurutnya akan mengakibatkan konflik berkelanjutan dibawah. Apalagi kata Kang Asep, adanya Bank Tanah ini juga bukan solusi, justru menambah subjek yang ada dan akan menimbulkan konflik baru.

"Ini rentan terjadi konflik, bahkan multi konflik, mungkin saja antara petani dengan pihak-pihak yang ditunjuk untuk mengelola atas objek tanah tersebut," tutur kang Asep.

Pihaknya berharap, agar semua elemen pemerintahan pusat dapat memperhatikan apa yang di harapkan oleh masyarakat, yaitu kemabali ke undang-undang dasar dan memperhatikan tujuan undang-undang pokok agraria.

"Kita tentu berharap setiap kebijakan harus berpihak terhadap kesejahteraan rakyat dan petani," tegas Kang Asep yang juga aktivis tani tersebut. (In)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tolak RUU Pertanahan. Belum Dapat Menjawab Keinginan Rakyat Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post