Latest News
Wednesday, September 4, 2019

Paska Dilantik, Kang Asep Suherman Siap Perjuangkan Kesejatraan Petani



cianjurpost.com- Setelah pengambilan sumpah janji dan Resmi dilantik sebagai Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2019-2024 Senin (2/09/19) digedung merdeka bandung, Kang Asep Suherman, akan mendorong pemerintah provinsi agar bisa bekerjasama dalam memningkatkan Iindeks Pembangunan Manusia (IPM) di Cianjur dan Jawa Barat, dengan sangat serius terutama di bidang pertanian.

Menurut anggota dewan yang biasa dipanggil Kang Koop, di era perkembangan digital yang sangat masif, bidang pertanian yang diharapkan mampu mendorong roda ekonomi masyarakat harus mampu menumbuhkan daya beli dikalangan petani maka diperlukan pengembangan pertanian berbasis digital untuk mengarus utamakan masyarakat agar lebih sadar teknologi tepat guna dikawasan pertanian yang menjadi prioritas pembangunan jawa barat.

"Di Cianjur, masih ada kurang lebih 2000 hektar tanah yang tidak digarap artinya sebagai lahan yan non produktif, ini bisa di manfaatkan kembali oleh petani, agar di kelola dengan baik dan dapat menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya untuk petani," ungkapnya.

Dari data yang ada ungkapnya, Kabupaten Cianjur ada 32 kecamatan, 6 Kelurahan dan 354 desa luas area yang luas dan kebanyakan ditanami tanaman holtikultura seperti sayuran, cabe keriting dan padi. Tapi tidak semua bisa dipakai lahan yang ada.

Menurutnya, kota Cianjur, bahkan sebagian besar wilayah Jawa barat, harusnya menjadi fokus pertanian bukan sebagai wilayah industri, tetapi memang pengelolan pertanian pun harus ada inovasi yang lebih maju dalam memanfaatkan teknologi bahkan  dikolaborasikan sebagi industri pertanian.

"Jika pengelolaan pertanian harus di industrialisasi, maka pengelolaan pertanian dan produktivitas petani harus mengarah terhadap industri pertanian dan pangan, dan itu mesti bisa di upayakan," tegasnya.

Namun pihaknya pun menegaskan, bahwa langkah yang dilakukan harus semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan petani, bukan membunuh petani.

"Sebagai catatan kita bersama. agar apapun jenis pengelolaan pertanian agar bisa meningkatkan tatap ekonomi petani, dan kemajuan daerah," tukasnya. (in)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Paska Dilantik, Kang Asep Suherman Siap Perjuangkan Kesejatraan Petani Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post