Latest News
Thursday, August 8, 2019

AKTIFITAS GALIAN C DI CIANJUR BERDAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN


Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Kabupaten Cianjur menyayangkan Pemerintah tidak bisa mengontrol pertambangan Galian C di Kabupaten Cianjur khususnya di Kampung Cibinong Desa Cibinong Hilir Kecamatan Cilaku, Cianjur.

Beberapa warga sekitar sudah geram dengan adanya aktifitas pertambangan Galina C yang ada di kampungnya dimana petambangan Galian C ini sudah beroperasi selama hampir 12 Tahun.

Didapat dari keterangan salah satu warga kampung Cibinong TB Sanda Rijckisyah (30) banyak kejanggalan dan ketidak nyamanan yang dirasakan oleh masyarakat sekitaran  pertambangan dalam masalah lingkungan. Dari mulai Kesehatan, Psikologis Masyarakat, Pencemaran (Udara, Air, dan Tanan), Rusaknya Tanaman dan Jalan Pedesaan.

"Pertambangan Galian C yang berlokasi dikampung yaitu di Kampung Cibinong Desa Cibinong hilir ada kejanggalan dalam hal operasional bahwasanya ada beberapa Galian C ini tidak berlebelkan PT yang mengakibatkan operasional pertambangan seenaknya saja tidak sesuai prosedur yang telah di tentukan oleh peraturan pertambangan Galian C," ungkapnya

Selain itu Roni Nurpalah selaku Ketua DPC GMNI Cianjur meminta kepada pemerintah daerah Kabupaten maupun Provinsi untuk segera memeriksa semua dokumen-dokumen Pertambangan Galian C yang ada di Kabupaten Cianjur dari mulai admistrasi, teknis, lingkungan dan finansial.

"Artinya pemerintah perlu ada kontroling secara fundamental terkait galian c yang berada di Cianjur ini. Karena memang bener dilihat dari beberapa dampak lingkungan yang di alami oleh masyarakat kampung Cibinong sangat memperihatinkan terutama dari pencemaran polusi udara, tanah dan air," tegasnya.

Adanya aktifitas galian C selama 24 jam lanjut ia, membuat jalan di kawasan perkampungan itu sangat memburuk terutama saat dilalui oleh masyarakat ketika siang hari .

"Debu yang diakibatkan oleh bolak baliknya truk penganggut pasir dan kondisi jalan yang sangat ancur membuat rumah-rumah warga di sekitaran itu sangat kotor dipenuhi debu," tegasnya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: AKTIFITAS GALIAN C DI CIANJUR BERDAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post