Latest News
Saturday, March 2, 2019

Bangsa Yang Hampir Kerisis Tradisi Silaturahmi

Penulis : Fardan Abdul Basith
(Direktur Cianjur Intelektual Fundation)


Tradisi Silaturahmi saat ini tidak begitu marak tradisi ala Indonesia ini hanya marak saat momentum idul fitri saja.

Silaturahmi saat ini banyak dilakukan lewat meda sosial seperti FB, IG, TWETTER, saja. Namun, melalui media ini apa yang disampaikan hanya bisa didengarkan dan dibaca, silaturahmi dengan bertatap muka langsung sudah sangat jarang dilakukan. Anda hanya akan mendengar apa yang diomingkantetapi belum tentu mengerti bagaimana tingkah laku orang yang ngomong itu, baik atau buruk.

Bangsa indonesia telah lama mengalami krisis multidimensi berkepanjangan. Juga mengalami krisis silaturahmi, lantaran krisis silaturahmi itulah para orang tua saling bertengkar dan anak pelajar tawuran.

Dimana-mana terjadi tawuran; digedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), pasar, jalan, sekolah dan banyak tempat lain. Oleh karena itu para sepuh terdahulu mengajarkan silaturahmi, halalbihalal. Tradisi dan tradisi tersebut yang patur kita amalkan karena hanya ada di Indonesia, membaca sistem tradisi di mesir contohnya saya tidak melihat tradisi tersebut.

Dulu, para sesepuh kita, jika dikunjungi saat lebaran, dengan detail menanyakan kesalahan apa yang pernah diperbuat. Tidak hanya pengakuan kesalahan secara geloba. Meski begitu, permohonan maaf dikabulkan. Hal tersebut merupakan sisi luar biasa dari warisan leluhur.

Meskipun dimesir tidak ada tradisi silaturahmi sejenis halalbihalal, disana orang yang bertengkar tidak pernah berlaru-larut. Pertengkaran diawali dengan adu mulut, setelah itu adu jotos, Tetapi, jika ditengah pertengkaran dibcakan shalawat, seketika pertengkaran tersebut usai. Jika dilibya, Arab Saudi, atau mesir sering terjadi konflik perseturuan itu mudah selesai barangkali karena dibacakan shalawat.

Seringnya konflik dipicu suhu panas timur tengah yang bisa mencapai 50derajat celcius. Orang sana itu mudah marah, tetapi mudah berdamai. Orang Indonesia itu sulit marah, tetapi juga sulit berdamai.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bangsa Yang Hampir Kerisis Tradisi Silaturahmi Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post