Latest News
Tuesday, December 18, 2018

Keterbukaan Informasi Publik Pemkab Cianjur Disoal

Ilustrasi


cianjurpost - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cianjur persoalkan penyelenggaraan Keterbukaan Informasi Publik di Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur.

Menurut Ketua Cabang PMII Kabupaten Cianjur, Sopuanudin, Masalah Keterbukaan Informasi di Kabupaten Cianjur masih belum lemah, sebab dalam beberapa praktek program pemerintah masyarakat tidak diberitahukan secara menyeluruh, bahkan cenderung di tutup-tutupi.

"Dalam prinsip demokrasi setiap pengambilan keputusan seharusnya, masyarakat harus dilibatkan, contohnya hiring DPRD dan lain-lain, sementara kita hanya terima jadi bahkan terkadang peogram yang sudah jadi tidak di beritahukan rinciannya," ungkap Kang Sopwan kepada cianjurpost.com. Selasa (18/12/18).

Lebih lanjut Sopwan mengatakan Keterbukaan Informasi Publik ini sudah di Jamin oleh Negara melalui undang undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

"Sering kali kita sebagai organisasi yang masyarakat, susah mendapatkan dokumen program pemerintah yang seharusnya sampai kepada masyarakat, seperti dokumen Daftar Perencanaan Anggaran Daerah dan lain-lain. Sebab mekanismeu nya terlalu berbelit-belit," terangnya.

Sementara itu, anggota DPRD kabupaten Cianjur, Tavip Darmawan mengatakan, terlait rencana program Seperti Rencana Anggaran Kerja atau Daftar Anggaran Program daerah bukan rahasia negara, masyarakat harus tahu.

"Jangan sampai pendapat masyaraka tidak didengar, jika tidak akan terjadi bom waktu. Seperti yang terjadi hari ini, komisi IV DPRD Cianjur beberapa kali menanyakan rincian DAK Dinas Pendidikan saja sulit bahkan jika di panggil sering mangkir, akibatnya kita tahu sendiri," tegasnya.

Selain itu ia pun mengungkapkan, pelayanan disemua birokrasi daerah jangan berbelit-belit. Sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik. (Mat)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Keterbukaan Informasi Publik Pemkab Cianjur Disoal Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post