Latest News
Saturday, December 15, 2018

Harus mau di PHP "Pendewasaan Hingga Pernikahan"

PANITIA : Poto bersama panitia seminar pranikah Himpunan mahasiswa jurusan Hukum Keluarga Islam STAI Al-Azhary Cianjur.

cianjurpost.com
- Himpunan mahasiswa jurusan Hukum Keluarga Islam STAI Al-Azhary Cianjur Departemen Advokasi hukum dan HAM yang laksanakan program kerja salah satunya adalah “ Seminar Pra Nikah” di auditorium Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Sabtu (15/12/2018)

Menurut Ketua Seminar Pranikah, Naila Salsabila mengatakan ada beberapa alasan mengapa seminar pra nikah menjadi program kerja, yang pertama karena kami selaku mahasiswa hukum keluarga islam merasa sangat miris melihat fakta di kabupaten Cianjur setiap tahun perceraian semakin meningkat.

"Data terahir menyebutkan bahwa ada 3.128 kasus perceraian di Kabupaten Cianjur, angka sedemikian tinggi itu merupakan masalah yang sangat besar, karena suatu negara hancur salahsatunya dari faktor keberjalanan keluarga yang kurang harmonis," katanya.

Menurutnya, keluarga merupakan elemen terkecil masyarakat dimana dalam keluarga seharusnya menjadi tempat ternyaman,tempat berlindung, dan tempat mencurahkan kasih sayang.

"Jika keluarga tersebut terpecah maka secara otomatis anak lah yang menjadi korban, dalam studi psikologi disebutkan bahwa kebanyakan anak mengalami efek negatif jangka pendek seperti kecemasan,kemarahan, keterkejutan, dan ketidakpercayaan," tegasnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, Seminar pra nikah ini diikuti oleh remaja usia menikah menurut UU no.1 tahun 1974 yakni perempuan minimal berusia 21 tahun dan laki-laki minimal usia 25 tahun.

"Mayoritas peserta berasal dari kalangan mahasiswa dan sebagian nya berstatus pekerja. Dan kami sebagai mahasiswa hanya sebagai fasilitator yang berharap masyarakat di Kabupaten Cianjur khususnya dapat menciptakan keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah sesuai dengan tuntunan syariat islam, tidak mudah untuk memutuskan sebuah permasalahan hanya dengan perceraian," paparnya. (Mat)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Harus mau di PHP "Pendewasaan Hingga Pernikahan" Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post