Latest News
Saturday, September 24, 2016

Saat Terlelap Tidur, Rumah Warga di Cisaat Diterjang Longsor

CianjurPost.Com | Bencana tanah longsor di Kampung Cijambegirang RT 18/9 Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat kemarin meratakan sebuah rumah warga. Bencana yang sempat mengagetkan warga. Bencana alam saat warga terlelap tidur usai hujan deras mengguyur Sukabumi.

Beruntung bencana tanah longsor yang berlangsung dini hari tidak menimbulkan korban jiwa. Semua penghuni lolos dari maut saat bencana terjadi. Anda Suhanda (65) bersama istri dan anaknya dapat menyelamatkan diri. Dibantu warga sekitar mereka berhasil dievakuasi dari dalam reruntuhan rumahnya.

"Kami berhasil menyelamatkannya dari bencana tanah longsor. Rumahnya nyaris habis tergerus tanah longsor. Semua penghuni berhasil dievakuasi beberapa menit setelah rumah tertimbun tanah," kata warga Cijambegirang, Hendra.

Ia mengatakan, bencana tanah longsor tebing setinggi hampir tujuh meter diluar perkiraan warga. Tebing tidak hanya memporakporandakan rumah Anda, tapi mengancam belasan rumah warga lainnya. Bencana dipicu tingginya intensitas curah hujan diduga kuat akibat saluran irigasi yang berada di kawasan tebing meluap. “Diduga kuat akibat saluran irigasi meluap,” katanya.

Bintara Pembina Masyarakat (Babinsa) Sukaresmi, Agus Hermawan mengatakan tebing amblas menimpa rumah Anda Suhanda berlangsung cepat. Korban yang tengah terlelap tidur bersama istrinya, Nurminah (65) mendengar gerusan tanah dari tebing yang berada tidak jauh dari rumahnya. Muhroh (30) memberitahukan batu besar telah menimpa rumah. “Namun sebelum mereka keluar rumah, material tanah dan batu menghantam rumah. Beruntung mereka berhasil keluar rumah,” katanya,

Mengantisipasi bencana susulan, kata Agus Hermawan telah mengeluarkan himbauan agar warga meningkatkan kewaspadaan. Cuaca yang cukup ekstrem dengan tingkat kecenderungan berintensitas curah hujan tinggi dikhawatirkan dapat menimbulkan bencana asusulan.

“Penyebab tebing longsor karena saluran air di tebing tersumbat sehingga tanahnya labil seiring intensitas hujan meningkat,” katanya. Menurut Agus, warga dibantu aparatur kecamatan dan kepolisian serta tentara telah berhasil membersihkan material tanah longsor yang menimpa rumah Anda. “Kewaspadaan pun mulai ditingkatkan. "Harus lebih waspada saja dengan kondisi cuaca saat ini,”katanya

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Irwan Fajar mengatakan bencana tanah longsor di Desa Sukaresmi Kecamatan Cisaat telah merusak satu rumah warga. Berdasarkan laporan yang diterimanya, kondisi rumah itu rusak berat. "BPBD sudah menurunkan tim untuk mengecek kondisi di lapangan sekaitan dengan nanti pemberian bantuan. Beruntung tidak ada korban jiwa," katanya.***

Sumber: PR



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Saat Terlelap Tidur, Rumah Warga di Cisaat Diterjang Longsor Rating: 5 Reviewed By: Cianjur post